Sekilas Bank Ina

Sekilas Bank Ina

Pada tanggal 9 Februari 1990, PT Bank Ina Perdana Tbk (Bank Ina) berdiri dengan nama PT Bank Ina, berdasarkan akta no.3 Notaris Winnie Hadiprodjo, SH pengganti Notaris Kartini Muljadi, SH untuk kemudian mendapatkan pengesahan dari Kementerian Kehakiman dengan surat No. C2-3639HT.01.01.Th. 90 tanggal 23 Juni 1990. Pada tahun berikutnya, Bank Ina mendapatkan izin operasi sebagai Bank Umum berdasarkan Surat Keputusan Menteri Keuangan RI No. 524/KMK.013/1991, tepatnya pada tanggal 3 Juni 1991.

Pada awal tahun 2014, Bank Ina menjadi Perusahaan Terbuka setelah dilaksanakannya Penawaran Umum Saham Perdana (Initialy Public Offering) pada tanggal 16 Januari 2014, serta pencatatan saham di Bursa Efek Indonesia dengan kode “BINA”, dan status bank menjadi Tbk.

 

KRONOLOGIS PENCATATAN SAHAM

Tanggal Keterangan Harga Nominal Jumlah
Lembar Saham
Harga Penawaran Jumlah Dana
yang Diterima
16 Januari 2014 IPO (Initial Public Offering)  Rp100,- 520.000.000  Rp240,-  Rp124.800.000.000,-
24 Juni 2016 Right Issue
(PUT I)
 Rp100,- 625.000.000  Rp240,-  Rp150.000.000.000,-
03 Februari 2017 Right Issue
(PUT II)
 Rp100,- 2.929.375.000  Rp240,-  Rp703.050.000.000,-
03 Desember 2021 Right Issue
(PUT III)
 Rp100,- 5.937.093.750  Rp4200,-  Rp1.187.418.750.000,-
14 Desember 2022 Right Issue
(PUT IV)
 Rp100,- 6.134.716.665 Rp4050,- Rp800.372.805.750,-

 

Dalam perjalanannya, Bank Ina mampu mempertahankan keberadaannya di bisnis perbankan nasional. Hal ini terbukti pada kinerja keuangan tahun 1997-1998, dimana Bank Ina mampu bertahan sebagai Bank yang sehat dengan kategori A dan tidak memerlukan rekapitalisasi Pemerintah.

Sejak tahun 2004 hingga sekarang, Bank Ina banyak menerima berbagai penghargaan dari berbagai macam kategori penilaian yang dilakukan oleh banyak majalah dan organisasi pelaku bisnis keuangan, baik nasional maupun internasional. Banyaknya penghargaan yang selalu diterima Bank Ina setiap tahunnya menunjukan komitmen serta keterlibatan Bank dalam upaya mencapai visi dan misi juga membantu pemerintah Republik Indonesia.

Bank Ina memperoleh izin dari Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan melalui Surat Keputusan Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan No. KEP-87/D.03/2020 tanggal 16 Juli 2020 tentang Pemberian Izin Untuk Melakukan Kegiatan Usaha Dalam Valuta Asing Bagi PT Bank Ina Perdana Tbk. Dengan diperolehnya izin tersebut, maka Bank Ina secara resmi menjadi bank devisa sehingga dapat memperluas layanan portofolionya dengan melaksanakan kegiatan usaha dalam valuta asing.

Hingga di tahun 2022, Bank Ina telah memiliki 41 jaringan kantor yang tersebar di Jakarta, Banten, Jawa Barat, Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Utara, Maluku, Sulawesi Selatan dan Bali, dengan kantor pusat di gedung Ariobimo Sentral, Jakarta

Perkembangan dunia digital yang pesat menjadi sarana bagi Perseroan untuk mampu hadir dimanapun berada melalui elektronik channel yang senantiasa berkembang menyesuaikan dengan tuntutan kebutuhan masyarakat yang semakin mobile dan makin dekat dengan layanan berbasis internet. Untuk itu Perseroan memperkuat produk-produknya dengan dukungan e-channel yang komprehensif, dari mesin ATM yang terkoneksi jaringan ATM Bersama dan PRIMA, electronic money, retail internet banking, corporate internet banking, hingga mobile banking yang memungkinkan nasabah melakukan berbagai transaksi keuangan dengan mudah, aman dan cepat, termasuk untuk kebutuhan berbagai jenis pembayaran (payment banking).

Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) adalah suatu sistem yang mengintegrasikan berbagai instrumen kanal pembayaran secara nasional. Kartu debit GPN diperuntukan untuk mendukung transaksi pembayaran secara domestik. Kartu debit Bank Ina telah berlogo GPN, yang dengan satu kartu dapat menikmati kenyamanan bertransaksi di semua mesin EDC dan jaringan ATM di Indonesia.

Visi & Misi

  •      Menjadi Bank nasional pilihan utama masyarakat.

    1. Menunjang perekonomian Indonesia, melalui penyediaan produk dan layanan perbankan umum serta digital yang mendukung keberhasilan nasabah individu, UMKM dan Korporasi.
    2. Memberikan solusi keuangan yang cepat, aman dan nyaman.
    3. Membangun SDM yang kompeten serta menjunjung tinggi nilai dasar Perusahaan.
    4. Meningkatkan nilai tambah bagi Pemegang Saham dan pemangku kepentingan lainnya.
Visi & Misi

Nilai Dasar

Integrity
Nimble
Accountable
Progressive
Professional

Penghargaan

  • Economic Review - 1st The Best Indonesia Risk Management V 2022 - 16 December 2022
    Economic Review - 1st The Best Indonesia Risk Management V 2022 - 16 December 2022
  • Economic Review - 5th The Best Indonesia GCG Award VII 2022 - 16 December 2022
    Economic Review - 5th The Best Indonesia GCG Award VII 2022 - 16 December 2022
  • Tempo Financial Award 2022 - The Best Bank in Financial Resilience - 14 December 2022
    Tempo Financial Award 2022 - The Best Bank in Financial Resilience - 14 December 2022
  • Infobank - Recognized As Part of Infobank Top 200 The Next Leaders 2022 - 23 November 2022
    Infobank - Recognized As Part of Infobank Top 200 The Next Leaders 2022 - 23 November 2022
  • Best Banking Company In Quality Services Of The Year 2022 - 18 November 2022
    Best Banking Company In Quality Services Of The Year 2022 - 18 November 2022
  • Economic Review - 4th The Best Finance Bank Public Company - 21 October 2022
    Economic Review - 4th The Best Finance Bank Public Company - 21 October 2022
  • The Economics - 3rd Indonesia Top Bank Awards 2022 in KBMI 1 Category - 09 September 2022
    The Economics - 3rd Indonesia Top Bank Awards 2022 in KBMI 1 Category - 09 September 2022
  • Warta Ekonomi - Indonesia Best Bank 2022 for The Development of Innovative Banking Products and Services - 25 August 2022
    Warta Ekonomi - Indonesia Best Bank 2022 for The Development of Innovative Banking Products and Services - 25 August 2022