Sekilas Bank Ina

Sekilas Bank Ina

Pada tanggal 9 Februari 1990, PT. Bank Ina Perdana Tbk (“Bank Ina”) berdiri dengan nama PT Bank Ina berdasarkan akta no.3 Notaris Winnie Hadiprodjo, SH pengganti Notaris Kartini Muljadi, SH untuk kemudian mendapatkan pengesahan dari Kementerian Kehakiman dengan surat No. C2-3639HT.01.01.Th. 90 tanggal 23 Juni 1990. Tahun berikutnya Bank Ina mendapatkan izin operasi sebagai Bank Umum berdasarkan Surat Keputusan Menteri Keuangan RI No. 524/KMK.013/1991, tepatnya pada tanggal 3 Juni 1991.

Pada awal tahun 2014 Bank Ina menjadi Perusahaan Terbuka setelah dilaksanakannya Penawaran Umum Saham Perdana (Initialy Public Offering) pada tanggal 16 Januari 2014, serta pencatatan saham di Bursa Efek Indonesia dengan kode “BINA”, dan status bank menjadi Tbk.

KRONOLOGIS PENCATATAN SAHAM

Tanggal Keterangan Harga Nominal Jml Lembar Saham Harga Penawaran Jml Dana Yg Diterima
16 Januari 2014 IPO (Initial Public Offering) Rp. 100,- 520.000.000 Rp. 240,- Rp. 124.800.000.000
24 Juni 2016 Right Issue (PUT I) Rp. 100,- 625.000.000 Rp. 240,- Rp. 150.000.000.000
03 Februari 2017 Right Issue (PUT II) Rp. 100,- 2.929.375.000 Rp. 240,- Rp. 703.050.000.000

 

Dalam perjalanannya, Bank Ina mampu mempertahankan keberadaannya di bisnis perbankan nasional. Hal ini terbukti pada kinerja keuangan tahun 1997-1998, dimana Bank Ina mampu bertahan sebagai Bank yang sehat dengan kategori A dan tidak memerlukan rekapitalisasi Pemerintah.

Sejak tahun 2004 hingga sekarang, Bank Ina banyak menerima berbagai penghargaan dari berbagai macam kategori penilaian yang dilakukan oleh banyak majalah dan organisasi pelaku bisnis keuangan baik nasional maupun internasional. Banyaknya penghargaan yang selalu diterima Bank Ina setiap tahunnya menunjukan komitmen serta keterlibatan Bank dalam upaya mencapai visi dan misi juga membantu pemerintah Republik Indonesia.

Hingga di tahun 2020 Bank Ina telah memiliki jaringan 32 Kantor Cabang yang tersebar di Indonesia, yaitu 12 Kantor Cabang, 10 Kantor Cabang Pembantu dan 10 Kantor Kas. Serta memiliki 8 titik Payment Point Indogrosir yaitu Kemayoran, Surabaya, Tangerang, Cipinang, Bandung, Semarang, Makassar dan Yogyakarta.

Perkembangan dunia digital yang pesat menjadi sarana bagi Perseroan untuk mampu hadir dimanapun berada melalui elektronik channel yang senantiasa berkembang menyesuaikan dengan tuntutan kebutuhan masyarakat yang semakin mobile dan makin dekat dengan layanan berbasis internet. Untuk itu Perseroan memperkuat produk-produknya dengan dukungan e-channel yang komprehensif, dari mesin ATM yang terkoneksi jaringan ATM Bersama dan Prima, e-money, retail internet banking, corporate internet banking, hingga mobile banking yang memungkinkan nasabah melakukan berbagai transaksi keuangan dengan mudah, aman dan cepat termasuk untuk kebutuhan berbagai jenis pembayaran (payment banking).

Visi & Misi

  • Menjadi Bank yang komitmennya terhadap kemanusiaan serta dipercaya oleh seluruh stakeholders

  • Menunjang perekonomian Indonesia melalui penyediaan produk dan layanan digital perbankan yang mendukung keberhasilan nasabah perorangan, UMKM dan korporasi, melindungi lingkungan, meningkatkan kesejahteraan karyawan dan komunitas disekitar usaha, serta menambah bagi pemegang saham.

Visi & Misi

Nilai Dasar

Integrity

Yaitu sikap professional, ethical dan dignity.

Nimble

Yaitu sikap agile, forward looking, dan effective

Accountable

Yaitu sikap responsible, prudent

Progressive

Yaitu faster learner, always improve

Penghargaan

  • Infobank - The Best For SME Business Performance Year 2019
    Infobank - The Best For SME Business Performance Year 2019
  • Economic Review - 4th - The Best Indonesia Sales Marketing Award - IV - 2020
    Economic Review - 4th - The Best Indonesia Sales Marketing Award - IV - 2020
  • The Big - 6 Bank Company 2019
    The Big - 6 Bank Company 2019
  • Top Bank 2019 untuk kategori Top Bank 2019 Buku II
    Top Bank 2019 untuk kategori Top Bank 2019 Buku II
  • Partisipasi dalam Pemberian Dana Beasiswa kepada Mahasiswa/i melalui "Clement Suleeman Scholarship Fund" (CSSF)
    Partisipasi dalam Pemberian Dana Beasiswa kepada Mahasiswa/i melalui "Clement Suleeman Scholarship Fund" (CSSF)
  • The Big - 5 Operational Excellent 2019
    The Big - 5 Operational Excellent 2019
  • Bank Buku II yang Fokus Pada Pembiayaan Sektor Produktif
    Bank Buku II yang Fokus Pada Pembiayaan Sektor Produktif
  • The Big 7 Indonesia GCG Implementation 2019
    The Big 7 Indonesia GCG Implementation 2019