Sekilas Bank Ina

Sekilas Bank Ina

Pada tanggal 9 Februari 1990, PT Bank Ina Perdana Tbk (“Bank Ina”) berdiri dengan nama PT Bank Ina berdasarkan akta no.3 Notaris Winnie Hadiprodjo, SH pengganti Notaris Kartini Muljadi, SH untuk kemudian mendapatkan pengesahan dari Kementerian Kehakiman dengan surat No. C2-3639HT.01.01.Th. 90 tanggal 23 Juni 1990. Tahun berikutnya Bank Ina mendapatkan izin operasi sebagai Bank Umum berdasarkan Surat Keputusan Menteri Keuangan RI No. 524/KMK.013/1991, tepatnya pada tanggal 3 Juni 1991.

Pada awal tahun 2014 Bank Ina menjadi Perusahaan Terbuka setelah dilaksanakannya Penawaran Umum Saham Perdana (Initialy Public Offering) pada tanggal 16 Januari 2014, serta pencatatan saham di Bursa Efek Indonesia dengan kode “BINA”, dan status bank menjadi Tbk.

KRONOLOGIS PENCATATAN SAHAM

Tanggal Keterangan Harga Nominal Jumlah Lembar Saham Harga Penawaran Jumlah Dana Yg Diterima
16 Januari 2014 IPO (Initial Public Offering)  Rp100,- 520.000.000  Rp240,-  Rp124.800.000.000,-
24 Juni 2016 Right Issue
(PUT I)
 Rp100,- 625.000.000  Rp240,-  Rp150.000.000.000,-
03 Februari 2017 Right Issue
(PUT II)
 Rp100,- 2.929.375.000  Rp240,-  Rp703.050.000.000,-
03 Desember 2021 Right Issue
(PUT III)
 Rp100,- 5.937.093.750  Rp4200,-  Rp1.187.418.750.000,-

 

Dalam perjalanannya, Bank Ina mampu mempertahankan keberadaannya di bisnis perbankan nasional. Hal ini terbukti pada kinerja keuangan tahun 1997-1998, dimana Bank Ina mampu bertahan sebagai Bank yang sehat dengan kategori A dan tidak memerlukan rekapitalisasi Pemerintah.

Sejak tahun 2004 hingga sekarang, Bank Ina banyak menerima berbagai penghargaan dari berbagai macam kategori penilaian yang dilakukan oleh banyak majalah dan organisasi pelaku bisnis keuangan baik nasional maupun internasional. Banyaknya penghargaan yang selalu diterima Bank Ina setiap tahunnya menunjukan komitmen serta keterlibatan Bank dalam upaya mencapai visi dan misi juga membantu pemerintah Republik Indonesia.

Hingga di tahun 2022 Bank Ina telah memiliki 40 jaringan kantor yang tersebar di Jakarta, Banten, Jawa Barat, Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Utara, Maluku, Sulawesi Selatan, dan Bali, dengan kantor pusat di gedung Ariobimo Sentral, Jakarta

Perkembangan dunia digital yang pesat menjadi sarana bagi Perseroan untuk mampu hadir dimanapun berada melalui elektronik channel yang senantiasa berkembang menyesuaikan dengan tuntutan kebutuhan masyarakat yang semakin mobile dan makin dekat dengan layanan berbasis internet. Untuk itu Perseroan memperkuat produk-produknya dengan dukungan e-channel yang komprehensif, dari mesin ATM yang terkoneksi jaringan ATM Bersama dan Prima, e-money, retail internet banking, corporate internet banking, hingga mobile banking yang memungkinkan nasabah melakukan berbagai transaksi keuangan dengan mudah, aman dan cepat termasuk untuk kebutuhan berbagai jenis pembayaran (payment banking).

Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) adalah suatu sistem yang mengintegrasikan berbagai instrumen kanal pembayaran secara nasional. Kartu debit GPN diperuntukan untuk mendukung transaksi pembayaran secara domestik. Kini, kartu debit Bank Ina telah berlogo GPN yang dengan satu kartu dapat mendapatkan kenyamanan bertransaksi di semua mesin EDC dan jaringan ATM di Indonesia.

Visi & Misi

  •      Menjadi Bank nasional pilihan utama masyarakat.

    1. Menunjang perekonomian Indonesia, melalui penyediaan produk dan layanan perbankan umum serta digital yang mendukung keberhasilan nasabah individu, UMKM dan Korporasi.
    2. Memberikan solusi keuangan yang cepat, aman dan nyaman.
    3. Membangun SDM yang kompeten serta menjunjung tinggi nilai dasar Perusahaan.
    4. Meningkatkan nilai tambah bagi Pemegang Saham dan pemangku kepentingan lainnya.
Visi & Misi

Nilai Dasar

Integrity
Nimble
Accountable
Progressive
Professional

Penghargaan

  • 3rd Indonesia Top Bank Awards 2022 in KBMI 1 Category
    3rd Indonesia Top Bank Awards 2022 in KBMI 1 Category
  • Indonesia Best Bank 2022 for The Development of Innovative Banking Products and Services
    Indonesia Best Bank 2022 for The Development of Innovative Banking Products and Services
  • Infobank - In Recognition Of Top 100 Most Outstanding Women 2022 In Financial - 20 May 2022
    Infobank - In Recognition Of Top 100 Most Outstanding Women 2022 In Financial - 20 May 2022
  • Iibca - Tribute For Company, Business Leader, Enterpreneur, and Best Figure - May 27 2022
    Iibca - Tribute For Company, Business Leader, Enterpreneur, and Best Figure - May 27 2022
  • Iibca - The Most Improved Banking Company With Satisfaction to Customer of The Year - May 27 2022
    Iibca - The Most Improved Banking Company With Satisfaction to Customer of The Year - May 27 2022
  • Warta Ekonomi - Best Leader For Business Sustainbility Through Providing Innovative Banking Product and Services - May 31 2022
    Warta Ekonomi - Best Leader For Business Sustainbility Through Providing Innovative Banking Product and Services - May 31 2022
  • Infobank - 3rd Rank - Bank Umum Konvensional (KBMI) I  - 07 April 2022
    Infobank - 3rd Rank - Bank Umum Konvensional (KBMI) I - 07 April 2022
  • Economic Review - The Best Annual Report For Public Company - 22 April 2022
    Economic Review - The Best Annual Report For Public Company - 22 April 2022