We are committed to maintaining the confidentiality and security of your personal data in every service we provide.
PT Bank INA Perdana Tbk (selanjutnya disebut “Bank INA”) sepenuhnya menyadari bahwa Data Pribadi merupakan aset terpenting bagi Anda, sehingga Bank INA berkomitmen untuk menjaga kerahasiaan dan perlindungan terhadap Data Pribadi Anda, terkait dengan penggunaan layanan produk dan/atau jasa perbankan yang ditawarkan oleh Bank INA.
Bank INA menerapkan kebijakan dan praktik terbaik yang bertujuan untuk menjaga dan memelihara privasi serta keamanan Data Pribadi Anda sesuai dengan Undang-undang Perlindungan Data Pribadi, untuk pemrosesan data terkait dengan penggunaan layanan produk dan/atau jasa perbankan Bank INA (selanjutnya disebut “Kebijakan Privasi”).
Selanjutnya, Kebijakan Privasi ini berlaku untuk semua pemilik Data Pribadi (Subjek Data Pribadi), yang terkait dengan penggunaan layanan produk dan/atau jasa perbankan Bank INA.
1. Ruang Lingkup
Kebijakan Privasi ini mengatur tentang kebijakan-kebijakan dan praktik-praktik yang diterapkan oleh Bank INA sebagai Pengendali Data Pribadi dalam memperoleh dan mengumpulkan, mengolah dan menganalisis, menyimpan, memperbaiki dan memperbaharui, menampilkan, mengumumkan, transfer, menyebarluaskan, atau mengungkapkan, menghapus dan memusnahkan (selanjutnya disebut “Pemrosesan”) Data Pribadi Anda, terkait dengan penggunaan layanan produk dan/atau jasa perbankan, meliputi:
2. Definisi
Akun adalah akun unik Anda untuk mengakses layanan Bank INA.
Cookies dan cache adalah file kecil dengan informasi yang disimpan browser atau aplikasi di perangkat Anda. Informasi dalam file ini biasanya dibagikan dengan pemilik situs atau aplikasi selain calon mitra dan pihak ketiga. Pengumpulan informasi ini dapat digunakan dalam fungsi situs dan / atau untuk meningkatkan pengalaman Anda.
Data Pribadi adalah data tentang orang perseorangan yang teridentifikasi atau dapat diidentifikasi secara tersendiri atau dengan informasi lainnya baik secara langsung maupun tidak langsung melalui sistem elektronik maupun non elektronik.
Hukum yang berlaku berarti Undang-Undang Pelindungan Data Pribadi No. 27 Tahun 2022 dan peraturan pelaksanaannya sebagaimana diubah dari waktu ke waktu dan undang-undang serta peraturan terkait lainnya yang terkait dengan Pelindungan Data Pribadi.
3. Pengumpulan Data Pribadi dan Penggunaan Informasi
Aktivitas pengumpulan yang dilakukan dalam layanan Bank INA meliputi dan tidak terbatas pada:
a. Data Pribadi yang Diproses oleh Bank INA
Bank INA memperoleh dan mengumpulkan informasi yang dapat diidentifikasi secara tersendiri atau dikombinasi dengan informasi lainnya baik secara langsung maupun tidak langsung melalui sistem elektronik dan/atau non-elektronik yang terkait dengan informasi tersebut yang dalam hal ini terbatas pada Layanan.
Data Pribadi yang dikumpulkan Bank INA dapat diberikan oleh Subjek Data Pribadi secara langsung maupun dari pihak ketiga (sebagai contoh, ketika Subjek Data Pribadi mendaftar atau menggunakan Layanan melalui mitra-mitra Bank INA atau pihak ketiga lainnya). Bank INA akan mengumpulkan Data Pribadi dalam berbagai bentuk tujuan yang diperkenankan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia.
Data Pribadi Anda yang dikumpulkan dalam penyelenggaraan Layanan ini antara lain:
1. Data Pribadi yang dibutuhkan oleh Bank INA untuk menyelenggarakan Layanan, meliputi Data Pribadi yang bersifat umum dan spesifik sebagai berikut:
2. Data penelusuran atas informasi yang dikumpulkan ketika Anda menggunakan Layanan yang diberikan oleh Bank INA. Data penelusuran yang berkenaan dengan Data Pribadi termasuk namun tidak terbatas pada:
3. Data Pribadi yang dibuat dan didapatkan dari hasil penggunaan Layanan Bank INA, termasuk namun tidak terbatas pada:
4. Data Pribadi dari Grup Usaha Bank dan/atau pihak ketiga lainnya yang merupakan mitra Bank INA atau mengadakan kerja sama dengan Bank INA.
b. Bagaimana Data Pribadi Anda akan Digunakan
Bank INA mengumpulkan dan menggunakan Data Pribadi Anda dengan persetujuan Anda untuk mengirimkan, mengelola, dan mengembangkan layanan Bank INA, serta mendapatkan pemahaman lebih lanjut tentang bagaimana Bank INA dapat meningkatkan layanan tersebut. Penggunaan Data Pribadi Anda mencakup beberapa hal di bawah ini :
c. Dengan siapa Data Pribadi Anda akan Dibagikan atau Diungkapkan
Sehubungan dengan tujuan di atas, dengan persetujuan Anda, Bank INA dapat membagikan Data Pribadi Anda dengan pihak ketiga sesuai dengan perjanjian kerjasama, termasuk kepada pihak-pihak berikut:
4. Hak Anda atas Data Pribadi Anda
a. Hak Atas Akses
Bank INA berkomitmen untuk memenuhi hak Subjek Data Pribadi untuk mengakses Data Pribadi yang dikumpulkan dan diproses oleh Bank INA.
Dalam memenuhi permintaan akses ke Data Pribadi, Bank INA dapat menolak permintaan apabila Bank INA menemukan bahwa permintaan ke Data Pribadi memenuhi salah satu atau lebih kondisi berikut ini:
b. Hak Untuk Perbaikan
Apabila Anda menemukan kekeliruan dalam Data Pribadi yang disebabkan oleh ketidakakuratan atau diperlukan pembaruan atas Data Pribadi, maka Anda dapat meminta kepada Bank INA untuk memperbaiki, melengkapi dan/atau memperbarui Data Pribadinya yang berada dalam pengelolaan Bank INA, dengan menghubungi saluran komunikasi yang ditetapkan oleh Bank INA.
Dalam hal terdapat ketidakakuratan dalam pemberian Data Pribadi Anda, Bank INA berhak menghentikan layanan dan/atau transaksi berdasarkan pengetahuan dan pertimbangan Bank INA.
Bank INA menghimbau Anda untuk turut berperan aktif memastikan keakuratan dan pembaruan Data Pribadi Anda.
c. Hak untuk Dilupakan (Right to Erasure)
Sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku atau kebijakan retensi data milik Bank INA atau atas permintaan / permohonan Anda, Bank INA dapat menghapus dan/atau memusnahkan Data Pribadi Anda dari sistem agar data tersebut tidak lagi mengidentifikasi Anda, kecuali dalam hal:
d. Hak Atas Pembatasan Pemrosesan
Anda memiliki hak untuk membatasi bagaimana Bank INA menangani Data Pribadi Anda. Dalam hal demikian, Bank INA tidak akan menggunakan Data Pribadi Anda untuk keperluan pemasaran produk/layanan dari pihak ketiga .
e. Hak Atas Keberatan
Jika pemrosesan Data Pribadi Anda oleh Bank INA didasarkan pada kepentingan sah Bank INA, Anda dapat menolaknya karena alasan yang terkait dengan keadaan khusus Anda. Bank INA akan menghormati keberatan Anda kecuali Bank INA memiliki alasan sah yang kuat untuk pemrosesan yang melebihi kepentingan dan hak Anda, atau jika diperlukan untuk memproses Data Pribadi untuk penetapan, pelaksanaan, atau pembelaan klaim hukum.
f. Pengecualian Hak Subjek Data
Penerapan hak Subjek Data memiliki pengecualian, seperti dalam kasus kebutuhan untuk:
5. Menarik Persetujuan
Anda dapat memilih untuk menarik persetujuan terkait dengan pengolahan Data Pribadi, dengan menghubungi Bank INA melalui saluran komunikasi yang ditetapkan Bank INA, atau melalui mekanisme lain yang disiapkan oleh masing-masing Layanan Bank INA.
Apabila Anda memilih untuk tidak menerima satu Layanan, Bank INA masih berhak untuk mengirim pesan terkait Layanan Bank INA lainnya.
Setelah menerima permintaan Anda untuk mencabut persetujuan penggunaan Data Pribadi untuk menerima materi pemasaran atau promosi atau komunikasi, pihak Bank INA akan melakukan perubahan paling lama 3×24 jam sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku. Sebelum dilakukan perubahan paling lama 3×24 jam, Anda mungkin terus menerima materi pemasaran atau promosi atau komunikasi selama periode ini.
Setelah proses penarikan persetujuan selesai, Bank INA berhak menghentikan pengumpulan, pemanfaatan, dan/atau pengungkapan Data Pribadi Anda, kecuali dalam kasus di mana Bank INA perlu menyimpannya untuk kepatuhan, peraturan, atau tujuan hukum lainnya.
6. Keamanan
Bank INA akan menyimpan Data Pribadi Anda hanya untuk tujuan pengumpulan data yang disebutkan pada poin 3.b dokumen ini dan sejauh yang diwajibkan oleh Hukum yang Berlaku.
Lokasi penempatan server komputer dalam lingkungan yang aman dan terkendali. Server tersebut juga terlindungi dari akses, penggunaan, atau pengungkapan yang tidak sah.
Pelindungan secara administratif, teknis, dan fisik yang wajar. Upaya tersebut dilakukan untuk melindungi data pengguna terhadap akses, penggunaan, modifikasi, dan pengungkapan informasi pribadi yang tidak sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
Subjek Data Pribadi bertanggung jawab untuk menjaga kerahasiaan rincian Data Pribadinya dan harus selalu menjaga dan bertanggung jawab atas keamanan perangkat yang digunakan untuk mengakses Layanan Bank INA.
7. Penyimpanan
Sebagai penyedia layanan, Bank INA berkomitmen untuk menyimpan Data Pribadi Anda selama Anda menggunakan layanan Bank INA atau selama akun Anda tetap aktif. Bank INA mematuhi ketentuan hukum yang berlaku dalam menyimpan dan menghapus Data Pribadi Anda, berdasarkan alasan seperti:
8. Kebocoran Data Pengguna
Dalam hal keamanan website dan aplikasi jika diketahui telah disusupi atau pengguna Informasi Pribadi telah diungkapkan kepada pihak ketiga yang tidak terkait, sebagai akibat dari aktivitas eksternal, dalam hal serangan keamanan atau penipuan, Bank INA berhak untuk mengambil tindakan sesuai dengan undang undang yang berlaku.
9. Privasi Anak-Anak
Bank INA hanya akan memproses data individu di bawah usia 18 tahun dengan persetujuan yang sah yang diberikan oleh orang tua anak dan/ atau wali anak tersebut selaku penanggung jawab anak tersebut sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.
Bank INA menyampaikan kepada orang tua atau pengawas untuk memverifikasi keperluan pemrosesan data anak.
10. Penyandang Disabilitas
Bank INA melakukan pemrosesan data pribadi penyandang disabilitas dengan cara melakukan komunikasi dan meminta persetujuan dari penyandang disabilitas dan/ atau wali penyandang disabilitas sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.
11. Perubahan atau Pembaharuan Kebijakan Privasi
Bank INA dapat memperbarui Kebijakan Privasi ini dari waktu ke waktu. Perubahan pada Kebijakan Privasi efektif berlaku segera setelah perubahan diunggah pada laman ini.
Kebijakan Privasi ini dapat diubah dan/atau diperbaharui sesuai kebutuhan. Bank INA menghimbau kepada Anda agar selalu membaca dengan seksama dan memeriksa halaman ini secara berkala untuk mengetahui perubahan atas kebijakan ini.
12. Kebijakan Cookies
Cookies adalah file teks yang ditempatkan pada memori perangkat pengguna.
a. Bagaimana Bank INA menggunakan Cookies dan Cache Anda
Bank INA dapat menggunakan cookies dan cache untuk mengumpulkan, menyimpan, dan melacak informasi untuk keperluan statistik dalam mengoperasikan website, aplikasi, dan layanan Bank INA, serta mempersonalisasikan pengalaman pengguna.
b. Bagaimana Cara Bank INA mengontrol Cookies dan Cache Anda
Anda dapat mengatur browser Anda untuk menolak semua cookies atau untuk menunjukkan kapan mereka dikirim. Sebagian besar browser memiliki fitur bantuan yang akan mengajarkan Anda cara menerima, menonaktifkan, atau memberi tahu Anda saat menerima cookies baru. Bank INA ingin memberi tahu Anda bahwa jika Anda tidak menerima cookies, Anda mungkin tidak dapat menggunakan beberapa fitur layanannya. Oleh karena itu, Bank INA menyarankan Anda untuk mengaktifkan cookies.
13. Persetujuan
Sebagaimana dinyatakan di atas, dengan mendaftarkan diri untuk atau menggunakan layanan di website dan aplikasi Bank INA, pengguna menyatakan:
14. Hubungi Bank INA
Jika Anda memiliki pertanyaan tentang Data Pribadi Anda atau Kebijakan ini, ingin mengajukan keluhan mengenai pengumpulan, pemanfaatan, atau pengelolaan Data Pribadi Anda oleh Bank INA, atau memiliki pertanyaan tentang kepatuhan Bank INA terhadap hukum yang berlaku, Anda dapat mengisi Formulir Permintaan Hak Akses Subjek Data Pribadi atau hubungi:
Bank INA is licensed and supervised by the Otoritas Jasa Keuangan & Bank Indonesia and is a participant in the LPS guarantee program.
Ariobimo Sentral Building, Mezzanine Floor, Jl. H.R. Rasuna Said Blok X-2 Kav 5, South Jakarta 12950
(021) 252 5678
Fax : (021) 252 5025
© 2024. PT Bank Ina Perdana Tbk.
Bank INA is licensed and supervised by the Otoritas Jasa Keuangan & Bank Indonesia and is a participant in the LPS guarantee program.