16/03/2023

10 CARA MEMBELANJAKAN UANG JAJAN SECARA TEPAT DAN GA BOROS

10 CARA MEMBELANJAKAN UANG JAJAN SECARA TEPAT DAN GA BOROS

Ada banyak cara hemat dalam membelanjakan uang jajan. Cara ini tentunya diharapkan dapat membantu anda yang memiliki keinginan untuk memulai hidup hemat. Simak tips dan caranya di bawah ini.

 

BEGINI CARANYA SUPAYA DAPAT HEMAT DALAM MEMBELANJAKAN UANG JAJAN

Sudah punya tekad dan niat untuk dapat menerapkan cara hemat dalam membelanjakan uang jajan, tetapi tidak tahun mau mulainya dari mana? Ada baiknya anda untuk bisa menerapkan 15 cara berhemat dalam membelanjakan uang jajan yang ada dibawah ini. Semoga bisa membantu anda agar bisa bijak pada saat mengelola keuangan.

  • BUAT RANCANGAN ANGGARAN DAN CATATAN KEUANGAN

Langkah pertama untuk bisa hemat dalam membelanjakan uang jajan, anda harus bisa membuat rancangan anggaran dan memiliki catatan keuangan. Sehingga, anda dapat mengetahui barang apa saja yang perlu dibeli dan dapat mengelola keuangan secara baik setiap bulannya. Karena, anggaran yang akan dikeluarkan sudah sesuai dengan rancangan yang telah dibuat.

  • BUAT DAFTAR PENGELUARAN YANG PASTI

Salah satu kendala dalam mengelola keuangan secara bijak adalah pengeluaran yang tidak terkontrol. Hal ini lah yang sering membuat dompet anda sering jebol karena banyaknya pengeluaran yang tidak terduga. Maka dari itu, membuat daftar pengeluaran yang pasti sangat penting untuk mengontrol keuangan anda sehari-hari.

  • CEK PERBANDINGAN HARGA

Selalu mengecek perbandingan harga yang ada merupakan langkah jitu untuk dapat hemat dalam membelanjakan uang jajan.  Cara ini bisa digunakan tidak hanya pelajar saja, tetapi juga untuk semua orang yang ingin memulai hidup disiplin secara finansial.

  • CARI PENGHASILAN TAMBAHAN

Penghasilan tambahan bisa jadi salah satu solusi dari cara hemat dalam membelanjakan uang jajan.  Artinya, kamu harus memiliki sumber penghasilan atau uang tambahan. Dan saat ini peluang untuk bisa mendapatkan penghasilan tambahan sangat terbuka lebar.

  • PERGUNAKAN KARTU KREDIT UNTUK KEPERLUAN DARURAT

Jika kalian ingin memulai hidup displin secara finansial, mungkin langkah yang tepat adalah dengan menggunakan kartu kredit untuk keperluan darurat. Hal ini bisa membuat kalian jauh lebih efisien dalam membelanjakan uang jajan.

  • MULAI BERINVESTASI

Saat ini telah banyak jenis investasi yang bisa dimulai dengan nominal Rp 100 ribu. Sehingga, ini cocok bagi para pelajar maupun pemula. Selain menjadi hemat, uang yang dimiliki akan bertumbuh dengan melakukan investasi. Namun demikian, sebelum melakukan investasi pahami dahulu manfaat dan resikonya serta jangan tergiur dengan imbal hasil yang besar.

  • JANGAN FOMO

Fear of missing out adalah suatu perasaan takut atau khawatir akan ketinggalan suatu tren yang sedang update. Hal inilah yang memacu para generasi milenial untuk terus membeli barang-barang yang sedang tren dan lupa untuk menyisihkan sebagian uang untuk ditabung.

  • MEMBIASAKAN HIDUP SEDERHANA & SEHAT

Menjalani gaya hidup yang tidak sehat seperti membeli makanan cepat saji, minuman alkohol serta merokok harus bisa dihentikan sejak dini. Supaya uang yang anda belanjakan tidak terbuang begitu saja, dan bisa dialihkan untuk membeli barang-barang atau makanan yang lebih sehat dan memiliki manfaat bagi tubuh serta kesehatan ke depannya.

  • MANFAATKAN FASILITAS YANG ADA

Memanfaatkan fasilitas GRATIS yang ada bisa menjadi opsi bagi kalian yang ingin memulai hemat dalam membelanjakan uang jajan. Adapun fasilitas yang bisa dimanfaatkan berupa WIFI Gratis di fasilitas public seperti sekolah, kampus atau perkantoran. Hal ini akan mengurangi pembelian paket internet dan dananya bisa digunakan untuk keperluan yang lain.

  • HIDUP MINIMALIS

Konsep untuk menjalani hidup minimalis memang tidak mudah, pasalnya kalian harus bisa memiliki prioritas barang apa saja yang akan dibeli sesuai dengan kebutuhan.

 

PT Bank Ina Perdana Tbk telah memiliki beberapa produk yang menarik dan bisa menjadi solusi bagi masyarakat yang sering membelanjakan uangnya dengan hal-hal tidak penting. Tentunya, produk tersebut memiliki berbagai keuntungan yang bisa dinikmati. Tidak hanya itu, Bank Ina juga memberikan promo bagi nasabah yang baru membuka rekening tabungan seperti Tabina Triple Untung. Dimana promo keuntungan yang diberikan pada TABINA TRIPLE UNTUNG MASS tersebut diantaranya mendapatkan Top-up I-saku senilai Rp 25 ribu, kemudian GRATIS biaya transaksi sebanyak 20x per bulan dan dapat menghemat Rp 150 ribu, dan mendapatkan cashback transaksi e-channel selama 6 bulan. Selain itu, ada juga TABINA TRIPLE UNTUNG AFFLUENT yang mana keuntungannya yakni mendapatkan cashback langsung hingga Rp 18,8 juta, kemudian cashback transaksi QRIS 50%, serta GRATIS biaya transaksi 20x per bulan dan hemat sampai Rp 150 ribu.